Wednesday, October 4, 2017

PROVINSI DKI JAKARTA : RUMAH ADAT, PAKAIAN TRADISIONAL, MAKANAN TRADISIONAL, TARIAN TRADISIONAL,OBYEK WISATA , LAGU DAERAH ,LETAK GEOGRAFIS



PROVINSI DKI JAKARTA :   RUMAH ADAT, PAKAIAN TRADISIONAL, MAKANAN TRADISIONAL,  TARIAN TRADISIONAL,OBYEK WISATA ,  LAGU DAERAH ,LETAK GEOGRAFIS


13. Provinsi DKI Jakarta


Ibukota nya adalah Jakarta
Berdiri : 10 Februari 1965 Dasar Hukum : UU No.1/1961
Letak : Pulau Jawa ( 6ºLS-7ºLS dan 106º-107ºBT )
Tanda Plat Nomor Kendaraan : B Luas Wilayah : 154,00 km².
Bandar Udara : Halim PerdanaKusumah. Pelabuhan Laut : Tanjung Priok.
Pahlawan : M.Husni Thamrin, Ismail Marzuki, Abdulrahman Saleh, WR. Supratman, dll.

Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta :
Universitas Indonesia (UI) Universitas Negeri Jakarta (UNJ),Universitas Bhayangkara Jakartaraya, (UBHARA), Universitas Satyagama, Universitas Mpu Tantular, Universitas Gunadarma, UniversitaS Islam As-Syafi'yah (UIA), Universitas Islam Jakarta (UIJ), Universitas Jayabaya, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Suryadarma, Universitas Bina Nusantara (UBINUS), Universitas Kristen Indonesia (UKI), Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG),Universitas Tarumanegara (UNTAR) Univeritas TRISAKTI,Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Institut Ilmu Al-Quran (IIQ), Institut Sains dan Tehnologi Nasional (ISTN) 

Makanan Khas Daerah :
Kerak Telor, Ketoprak Betawi,Daging Asam, Talam Ebi,NasiUlam, Geplak Bakar Betawi, Dodol Betawi, Tauge Goreng, Soto Betawi. 

Nasi Uduk makanan khas dari Jakarta
Nasi adalah sajian khas Betawi yang tetap eksis dan bahkan saat populer sampai sekarang. Tidak hanya dari Jakarta, nasi uduk ini pun sudah merambah keberbagai kota di Indonesia sebagai hidangan yang favorit yang gaul dan murah-meriah. Nasi uduk ini adalah nasi yang ditanak dengan santan dan yang berbumbu gurih. Dalam berbagai budaya lainnya, nasi seperti ini juga umum, seperti: nasi lemak di Malaysia, Nasi guri di Aceh, Sego wuduk di Jawa, bahkan nasi Kebuli dari Jawa Timur dan Tengah.

Obyek Wisata : Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Taman Impian Jaya Ancol, Monumen Pancasila Sakti, Kepualauan Seribu, Gereja Katedral, Mesjid Istiqlal, Pusat pertokoan modern di berbagai tempat, Monumen Satria Mandala, Museum Wayang, Museum Bahari, Kebun Binatang Ragunan, Kota Lama, Tugu Monas, Taman Ismail Marzuki, Planetarium,dll. 

Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah


Ingin berkeliling Indonesia namun terkendala biaya dan waktu? Tenang, selagi menunggu tabungan terkumpul dan pengajuan cuti dari kantor disetujui, datang saja ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Inilah miniatur Indonesia dari Sabang sampai Merauke.
Anda bisa lebih mengenal Indonesia dari tempat wisata ini. Di TMII, terdapat sebuah danau dengan pulau buatan yang bentuknya dibuat menyerupai pulau-pulau di Indonesia. Selain itu, terdapat anjungan 34 provinsi yang menyediakan berbagai informasi mengenai adat dan budaya masing-masing, mulai dari kuliner, pakaian adat sampai rumah tradisional.
Tak hanya mengenalkan budaya negeri sendiri, tempat wisata yang digagas oleh Ibu Tien Soeharto ini juga memiliki banyak museum dan juga panggung teater. Berwisata di TMII, Anda seolah telah menjelajah seluruh negeri.

Peninggalan Sejarah :
1. Prasasti Tugu.
2. Si Jagur,meriam Portugis.
3. Bekas Balaikota Belanda, kini menjadi Museum Kota Jakarta.

Industri dan Pertambangan : Pupuk TSP, Tekstil, Pemintalan Benang, Mobil dan Perakitan,Kayu Lapis, Farmasi, Susu, Percetakan, Logam.

Tarian Tradisional : Tari Ronggeng, Tari Yapong 

Tari Topeng Betawi


Tari Topeng cukup lama dikenal dan berkembang dalam masyarakat Betawi. Tarian ini merupakan paduan aspek tari, musik, dan teater. Penggunaan topeng dalam tarian ini didasarkan atas kepercayaan dahulu masyarakat Betawi bahwa topeng mempunyai kekuatan magis yang dapat menolak bala, bahkan menghilangkan rasa duka. Oleh karenanya, Tari Topeng biasanya dipentaskan untuk memeriahkan pesta-pesta penting, misalnya pada acara pernikahan dan khitan.

Rumah Adat : Rumah Kebaya
Senjata Tradisional : Golok
Suku : Betawi, Jawa, Sunda, dll.
Bahasa Daerah : Betawi Pakaian Adat : Abang dan None
Identitas Daerah :
Flora : salak condet (Salacca Edulis),
Fauna : Elang Bondol (Haliastur Indus)
Alat Musik Tradisional : TEHYAN (sumber bunyi : Kordofon ,DIGESEK DENGAN ALAT KHUSUS PADA BAGIAN SENAR/ DAWAINYA SEPERTI MEMAINKAN BIOLA )
Julukan : Kota Metropolitan
Lagu Daerah : Kicir-kicir, Jali-jali, Lenggang Kangkung, Keroncong Kemayoran, Surilang, Terang Bulan,dll. 

Lirik Lagu Daerah DKI Jakarta – JALI-JALI

Jali-jali
ini dia si jali-jali
lagunya enak lagunya enak (2x) merdu sekali
capek sedikit tidak perduli sayang
asalkan tuan asalkan tuan (2x) senang di hati

palinglah enak si mangga udang
sayang disayang pohonnya tinggi pohonnya tinggi buahnya jarang
palinglah enak si orang bujang sayang
kemana pergi kemana pergi tiada yang larang




SEMOGA BERMANFAAT

No comments:

Post a Comment